BPBD KABUPATEN OGAN ILIR PADAMKAN HUTAN & LAHAN TERBAKAR DI PEMULUTAN BARAT

Pemulutan Barat – Ogan Ilir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir yang mendapatkan laporan dari warga terjadinya kebakaran lahan pada pukul 19.30 WIB di Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan Barat  lansung bergegas menuju lokasi untuk segera melakukan pemadaman.

Kasi Tanggap Darurat dan Logistik BPBD Ogan Ilir, Rulian Topanda SH, M.Si mengatakan saat ini tim Reaksi Cepat BPBD telah berangkat menuju lokasi guna melakukan pemadaman agar api dapat dipadamkan dan tidak semakin meluas.

Rulian  mengimbau kepada pemilik lahan agar tidak menggunakan metode bakar untuk membuka lahan karena saat ini pihaknya berupaya untuk mencegah terjadinya bencana Karhutla.

“Kami imbau kepada warga agar tidak membakar lahan, mari kita bersama sama agar bencana Karhutla tidak terulang kembali tentunya peran serta masyarakat sangat penting untuk mendukung upaya pencegahan karhutla.

Bersama TNI, POLRI serta BPBD Provinsi Sumatera Selatan dan Manggala Agni  Daops SUM-XIV/Banyuasin , setelah berjibaku bersama-sama  hampir 4 jam tim pun berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan seluas tiga hektar .

Untuk menghindari kebakaran lahan yang luas, tim bersama-sama  melakukan pemadaman dan pendinginan lahan di sekitar lokasi lahan yang terbakar. “Yang dapat dilakukan sejauh ini hanya membuat jalur batas dengan harapan titik api tidak meluas.dikarenakan akses yang sulit dijangkau” Ujar Ricky Meirandi Danru  TRC TIM 2  BPBD Kabupaten Ogan Ilir yang turut serta dalam proses pemadaman.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Ogan Ilir Drs. Edi Rahmat, M.Si mengungkapkan jika memasuki waktu dimana cuaca sedang panas yang menyengat beberapa hari belakangan ini memberikan peluang terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kondisi lahan kering sangat mudah terbakar. Dimohon untuk bisa saling memantau lokasi agar terhindar dari kebakaran yang parah. Diharapkan juga tidak ada masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar karena sangat merugikan,” ujarnya.

“Bila terjadi suatu kejadian yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem ataupun ada info titik api dapat menghubungi BPBD melalui media sosial maupun satgas satgas BPBD Ogan Ilir yang bertugas di setiap Kecamatan,” pungkasnya.